name scroll

Sabtu, 24 September 2011

PERANGKAT JARINGAN



Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi. Selain itu Jaringan komputer juga didefinisikan sebagai  sebuah sistem dimana sistem tersebut terdiri atas computer (bisa berupa PC, laptop, handphone, dll), software(sistem operasi, aplikasi, dll) dan perangkat jaringan lainnya(misalnya printer) yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu : Sharing resources, Media Komunikasi, Integrasi Data, Pengembangan dan Pemeliharaan, Keamanan Data, Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini.

  Tujuan  jaringan computer antara lain sebagai berikut: Berbagi sumber daya, Berkomunikasi, Akses informasi.

PERANGKAT UTAMA JARINGAN
1.    Network Interface Card (NIC)
2.    Kabel Jaringan: Media transmisi data ada beberapa macam salah satunya adalah kabel. Kabel digunakan untuk menghubungkan antara suatu server dengan workstation atau sebaliknya.
·         Kabel TP (Twisted Pair): Kabel TP dapat kita gunakan dalam jarak beberapa meter tanpa memerlukan penguatan.
·         Kabel STP
3.      Konektor: Merupakan peripheral yang digunakan untuk menghubungkan antar kabel dengan NIC.
 PERANGKAT BANTU JARINGAN
1.    HUB :Adalah sebuah repeater yang akan menerima data dari semua port yang terhubung dan secara otomatis mentransmit data keseluruh port lainnya.Ada dua jenis HUB,yaitu: Active HUB dan Passive HUB
2.    Switch: Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN switch merupakan perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward.Switch cut-through.
3.    Repeater, bekerja pada layer fisik jaringan, menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu repeater ke repeater lain.
4.    Bridge Adalah alat yang menghubungkan suatu LAN dengan LAN yang lain.
5.    Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Jenis-jenis router:  static router (router statis) dan  dynamic router (router dinamis
6.    Modem:  Merupakan singkatan dari Modulator Demodulator.
7.    Server :Merupakan suatu komputer yang berfungsi sebagai penyedia layanan untuk seluruh pemakai.
8.    Multiplexer Adalah suatu alat yang memungkinkan beberapa sinyal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama sehingga dapat menghemat biaya transmisi.
9.    Concentrator mempunyai fungsi yang sama dengan multiplexer.
PERANGKAT JARINGAN WIRELESS
·         Acces Point
Access point merupakan alat etrpenting dalam membangun jaringan wireless maupu jaringan hotspot.
·         Wireless adapter atau wireless LAN
Wireless adapter dipakai oleh komputer client untuk menarima dan mentransisi kan sinyal.Berdasarkan penggunaannnya secara umum wireless adapter dibedakan enjadi dua macam,yaitu wireless adapter untuk PC yang umumnya menggunakan slot PCI,dan wireless adapter untuk notebook,PDA,dan lainnya
·         Bluetooth
Bluetooth merupakan teknologi yang menggunakan lompatan frekuensi. Beberapa hardware yang kita perlukan untuk membuat jaringa komputer dengan akses bluetooth adalah:
ü Access point bluetooth
Access point ini mempunyai multifungsi,yaitu selain untuk access point juga dapat kita gunakan untuk routing dalam jaringan.
ü USB Bluetooth Dongle
Hardware ini digunakan oleh client untuk mengakses server yang telah dihubungkan dengan access point.device ini memiliki jangkauan yang bervariasi dari 10 meter hingga 100 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar